MEKANISME PENYUSUNAN UKL/UPL & PERSYARATAN UKL/UPL :

BIAYA JASA PENGURUSAN UKL/UPL Rp. 27.750.000,- (Dua Puluh Tujuh Juta  Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), DILUAR BIAYA PENGADAAN DOKUMEN KELENGKAPAN PERSYARATAN ADMINISTRASI MAUPUN TEKNIS.

LAMA PEKERJAAN 60 HARI KERJA, DENGAN CATATAN PERSYARATAN LENGKAP.

DENGAN SISTEM PEMBAYARAN DP 80%, TERBIT RESI DARI DINAS TERKAIT 10%, DAN PENYERAHAN BERKAS IZIN KEPADA PEMOHON 10%

DAN KETIKA ADA HAL YANG INGIN DITANYAKAN/DIKONSULTASIKAN TERKAIT BIAYA – BIAYA PENGADAAN KELENGKAPAN PERSYARATAN/PERMINTAAN PENAWARAN, LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI WA/CALL : 0817 567 000/ 0811 815 456

Mekanisme Penyusunan UKL UPL

Dalam penyusunan UKL UPL, mekanisme pekerjaan penyusun dokumen terbagi menjadi :

  1. Pengumpulan data sekunder dan primer, adalah tahap pengumpulan data yang diantaranya adalah profiling kegiatan usaha yang akan dibangun/dikaji, dan pengambilan sample kualitas lingkungan di sekitar lokasi kegiatan usaha. Pada tahap ini kerjasama dengan pemilik usaha memegang peranan penting dalam kelancaran pengumpulan  data, karena tidak jarang beberapa pemilik usaha tidak memiliki data yang lengkap seputar kegiatan usahanya seperti misalnya instalasi pengelolaan Air Limbah (IPAL), Izin pemakaian air tanah dan masih banyak lagi lainnya.
  2. Penyusunan Dokumen, setelah data dirasa cukup dan hasil laboratorium sudah selesai diuji oleh pihak laboratorium, maka pihak konsultan akan mulai menyusun dokumen lingkungan dari data tersebut, kecepatan penyusun dokumen tergantung dari ketelitian dan ketangkasan penyusun. Penyusun yang sudah terbiasa umumnya memerlukan 3-4 hari kerja bahkan bisa mencapai 1-2 hari jika data cukup lengkap.
  3. Asistensi dokumen, setelah dokumen selesai disusun, maka akan ditandatangani oleh pemilik usaha diatas materai untuk kemudian diserahkan pada Dinas Lingkungan Hidup untuk dilakukan penelitian administrasi, dan mengadakan rapat asistensi antara konsultan dan tim penilai sebelum dibahas di rapat pembahasan dokumen dengan harapan poin-poin teknis dapat diperbaiki.
  4. Rapat Pembahasan Dokumen, setelah dokumen hasil penilaian administratif dan asistensi (jika ada) selesai diperbaiki atau revisi oleh konsultan, maka dokumen kembali dimasukan ke Dinas Lingkungan Hidup untuk dilakukan Pembahasan. Pembahasan dihadiri oleh pemrakarsa dalam hal ini pemilik usaha dengan tujuan sasaran dan permintaan pengelolaan yang dibuat dapat dipahami dan disetujui langsung oleh pemilik usaha dan rapat pembahasan pasti akan menghasilkan koreksi dan revisi dokumen dalam bentuk berita acara. Tidak pernah kami temui rapat pembahasan yang tidak ada revisi.
  5. Revisi Dokumen, tugas konsultan adalah merevisi dokumen hasil pembahasan dan di diskusikan dengan pemilik usaha setelah dokumen direvisi, maka akan diserahkan kembali pada Dinas Lingkungan Hidup. Jika masih terdapat revisi dan jika sudah tepat, maka instansi terkait akan membuat rekomendasi lingkungan terkait izin tersebut.

FORMAT PERMOHONAN PEMENUHNAN KOMITMEN UNTUK KEGIATAN PENYIMPAN LIMBAH B3

Format-Pemenuhan-Komitmen-Penyimpanan-LB3

Persyaratan-IPLC-Kabupaten-Bekasi