BAB IV FESTRONIK PENGANGKUTAN LIMBAH B3

BAB IV FESTRONIK PENGANGKUTAN LIMBAH B3 PERMEN KLHK NOMOR P.4/MENLHK/SETJEN/KUM.1/1/2020 TENTANG PENGANGKUTAN LIMBAH B3

PASAL 18

(1) Pengangkutan Limbah B3 wajib disertai dengan Festronik.

(2) Festronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) digunakan oleh:

a. Pengangkut Limbah B3; dan
b. Penghasil Limbah B3, Pengumpul Limbah B3, Pemanfaat Limbah B3, Pengolah Limbah B3, dan/atau Penimbun Limbah B3.

(3) Penggunaan Festronik oleh Pengangkut Limbah B3 sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dilakukan dengan mengisi data Limbah B3 yang diangkut.

(4) Penggunaan Festronik oleh Penghasil Limbah B3, Pemanfaat Limbah B3, Pengolah Limbah B3, Pengumpul Limbah B3, dan/atau Penimbun Limbah B3 sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b untuk melakukan konfirmasi terhadap data yang diisi oleh Pengangkut Limbah B3 sebagaimana dimaksud pada ayat (3).

(5) Dalam hal pengangkutan Limbah B3 dilakukan secara multimoda, pengisian data Limbah B3 yang diangkut sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilakukan oleh Pengangkut Limbah B3 yang mengangkut Limbah B3 pertama.

(6) Festronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diisi secara daring pada laman http://festronik.menlhk.go.id

PASAL 19

Kewajiban menggunakan Festronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 dikecualikan terhadap:

a. pengangkutan Limbah B3 oleh Penghasil Limbah B3 yang dilakukan dalam wilayah kerja usaha dan/atau kegiatan yang sama dan melewati jalan umum;
b. pengangkutan Limbah B3 untuk kegiatan ekspor; dan
c. pengangkutan Limbah B3 untuk tujuan penelitian.

PASAL 20

(1) Pengangkut Limbah B3, Penghasil Limbah B3, Pemanfaat Limbah B3, Pengolah Limbah B3, Pengumpul Limbah B3, dan/atau Penimbun Limbah B3 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 ayat (2) harus melakukan pendaftaran pada laman http://festronik.menlhk.go.id untuk dapat mengakses Festronik.

(2) Pendaftaran bagi Penghasil Limbah B3 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus disertai dengan dokumen:

a. formulir pendaftaran Festronik;
b. akta pendirian badan usaha; dan
c. surat kuasa penunjukan administrator Festronik, untuk pendaftaran administrator Festronik yang merupakan pihak selain sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

(3) Pendaftaran bagi Pemanfaat Limbah B3, Pengolah Limbah B3, Pengumpul Limbah B3, dan/atau Penimbun Limbah B3 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus disertai dengan dokumen:

a. formulir pendaftaran Festronik;
b. akta pendirian badan usaha;
c. salinan izin Pengelolaan Limbah B3 untuk kegiatan Pemanfaatan Limbah B3, izin Pengelolaan Limbah B3 untuk kegiatan Pengolahan Limbah B3, dan/atau izin Pengelolaan Limbah B3 untuk kegiatan Penimbunan Limbah B3; dan
d. surat kuasa penunjukan administrator Festronik, untuk pendaftaran administrator Festronik yang merupakan pihak selain sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

(4) Formulir pendaftaran Festronik sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dan ayat (3) huruf a disusun dengan menggunakan format sebagaimana tercantum dalam Lampiran IV yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

PASAL 21

(1) Terhadap permohonan pendaftaran Festronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 ayat (1), Menteri menugaskan Direktur Jenderal untuk melakukan validasi.

(2) Validasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dilakukan untuk memastikan kesesuaian dokumen dengan persyaratan permohonan pendaftaran Festronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 ayat (2) dan ayat (3).

(3) Dalam hal hasil validasi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) menyatakan:

a. dokumen sesuai, Direktur Jenderal menerbitkan nama pengguna dan kata sandi akun Festronik; atau
b. dokumen tidak sesuai, Direktur Jenderal menerbitkan penolakan permohonan pendaftaran Festronik.

PASAL 22

Direktur Jenderal berwenang untuk membekukan akun Festronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (3) huruf a jika:

a. hasil pengawasan menunjukkan Pengangkut Limbah B3, Pemanfaat Limbah B3, Pengolah Limbah B3, Pengumpul Limbah B3, dan/atau Penimbun Limbah B3 terbukti melakukan pelanggaran ketentuan Peraturan Perundang-undangan di bidang Pengelolaan Limbah B3; dan

b. merupakan permintaan Pengangkut Limbah B3, Pemanfaat Limbah B3, Pengolah Limbah B3, Pengumpul Limbah B3, dan/atau Penimbun Limbah B3 sebagaimana dimaksud dalam huruf a.

PASAL 23

Tata cara pendaftaran dan pengisian Festronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 dan Pasal 20 tercantum dalam Lampiran V yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.